Standar Cover Buku

By | 12 October 2014

Cover menentukan penilain tentang buku Anda. Bicara soal Cover Buku, ada pepatah andalan yang mengatakan, “Don’t judge the book by its cover.” Ini sebenarnya tidak dimaksudkan untuk buku, tapi mengarah pada sikap mental untuk tidak menilai orang dari penampilannya. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak sekali orang yang membeli buku karena tertarik dengan tampilan Cover Bukunya. Oleh karena itu Cover Buku atau sampul buku, menjadi andalan utama penulis atau penerbit dalam mempertaruhkan laku tidaknya sebuah buku.

cover

Sebuah buku dikatakan memiliki cover apabila memenuhi beberapa kriteria satandar yaitu ada:

1. Halaman Depan Cover (Gambar, Judul Buku, Penulis, Nama Penerbit, Testimoni dan beberapa ulasan singkat yang menambah nilai jual buku)

2. Punggung Cover (Judul Buku, Penulis, Logo penerbit)

3. Halaman Belakang Cover (Sinopsis, Barcode ISBN, Kontak penulis dan atau kontak penerbit serta beberapa informasi tambahan yang menarik untuk menambah nilai jual buku)

Untitled-1

Contoh cover diambil dari buku Sekuler Loe Gue End milik penerbit dapur buku

Contoh cover buku diatas menggambarkan standar Cover Buku yang harus Anda pahami. Selain memiliki halaman depan, punggung buku (tidak perlu jika menggunakan Jilid Kawat) dan halaman belakang. Cover buku harus memenuhi beberapa standar yaitu memiliki bleed dan ukuran punggung yang sesuai dengan isi buku.

Tentang bleed sendiri adalah kelebihan desian cover 3 mm dari garis potong, untuk menghindari apabila tukang potong salah memotong sehingga Cover Buku Anda tidak menjadi putih di bagian pinggirnya. Sedangkan punggung buku agar ketebalan sesuai Anda bisa mencoba mengukur punggung buku lain yang Anda punya dengan menggunakan penggaris dan sesuaikan jumlah halaman dengan buku Anda yang ingin dibuatkan punggunya.

Cover Buku sendiri memiliki tema yang sangat bermacam-macam, tentu tergantung dari isi bukunya. Tapi tahukah Anda bahwa cover Buku yang bagus adalah Cover Buku yang bisa menggambarkan keseluruhan dari isi buku tersebut.

Dan berikut beberapa contoh cover buku yang sangat menarik untuk disimak.

1. Cover Tema White

Cover Buku 1

2. Cover Tema Pond (Potong)

Cover Buku 2

3. Cover Tema Bentuk

cover buku 3

4. Cover Tema Collorfull

cover buku collorfull

Anda memerlukan jasa desain cover buku seperti diatas, hubungi kami segera. Harga mulai Rp 550,000 – Rp 350,000

Contoh desain cover silakan kunjungi www.bukuqu.com lihat buku-buku dengan label print on demand untuk buku-buku dari Print on demand.

Hubungi Print On Demand
email : cs@rafikatama.com
Telp : 021-5369-0884
SMS : 085 888 175 200

  • Pingback: Teknik Jilid Buku - Panduan Membuat Buku()

  • zulkarnain

    berapa biaya menerbitkan 20 eksemplar buku memoar yang panjangnya sekitar 200 halaman, disertai gambar-gambar hitam putih? Dan berapa ukuran buku memoar yang lazimnya dipakai?

    Terima kasih.

    • admin

      Sudah di email ya pak