Cara Mudah Membuat Buku dengan Microsoft Word

By | 7 September 2017

Membuat buku sederhana bisa dilakukan dengan microsoft word, tidak perlu susah-susah menggunakan software desain grafis yang rumit. Namun bukan berarti kita tidak butuh software design karena memang sebuah buku penerbit mayor rata-rata dibuat menggunakan software design grafis seperti In design, page maker, quark express dll. Paling tidak langkah ini bisa Anda tempuh untuk langkah awal memulai membuat buku. Selain menghemat biaya, membuat buku dengan microsoft word bisa Anda lakukan secara mandiri karena tidak membutuhkan skill yang mendalam untuk membuatnya.

Langsung saja kita coba cara mudah membuat buku menggunakan Microsoft Word. Kali ini saya akan mencoba menggunakan Microsoft Word 2010, kebanyakan kesulitan yang terjadi jika hendak mencetak sebuah buku dengan ms word 2010 adalah dalam hal membentuk format buku yang memiliki format header atau foter kiri-kakan. Normalnya format buku sudah menyesuaikan sendiri yaitu berurutan dari halaman 1-akhir. Sehingga ketika kita print, format halaman sudah diurutkan menjadi buku. Nah, bagaimana membuatnya?

Berikut, kita akan berbagi ilmu tentang cara mudah membuat buku dengan Microsoft Word .  Ada beberapa langkah yang perlu guraru lakukan, antara lain :

Langkah I

1. Buka microsoft word 2010.

2. BBuat Documen baru dengan memililih file >> New Documet

3. Lakukan setting halaman pada  Page Layout — pilih “Margin” — pilih “Custom Margin“, silakan isikan dengan pilihan seperti berikut yaitu terpenting pilih Mirror Margin.

Isikan margin sesuai kebutuhan. Normalnya semua margin dibuat sama kecuali bagian yang akan ada nomor halaman dibuat lebih lebar. Karena pada contoh ini akan kami buat nomor halaman dibagian bawah maka semua margin kami isi 2 cm sedangkan bagian bawah di isi 2.5 cm. Bagaina terpenting yaitu centak Mirror Margin.

4. Halaman sudah menjadi Mirror margin, dimana bisa ditandai bahwa halaman ganjil akan selalu berda di sebelah kanan. Sedangkan halaman genap akan berada disebelah kiri.

5. Silakan sekarang Anda tinggal mengetik bebas naskah buku Anda sampai selesai.

Langkah II (print)

  1. Klik home -> Print
  2. Beri centang (tick) pada pilihan manual duplex
  3. Klik OK

Setelah itu setting printer akan secara otomatis mencetak halaman. Tunggu sampai ada perintah untuk membalik kertas. Setelah itu balik kertas yg sudah dicetak dan masukkan ke dalam printer.

Catatan :  Jangan lupa masukkan kertas dengan benar!!