Jurnal 365 Days Planner 2020, Cara Jitu Memanfaatkan Waktu

By | 17 March 2020

Tahun-tahun silam mungkin bukan tahun yang memuaskan bagi sebagian orang. Banyak aktivitas penting yang terlewatkan begitu saja, keteteran dengan urusan yang  bagai tiada habisnya, pencapaian jauh dari harapan, dan hal-hal kurang menyenangkan lainnya. Ketidakteraturan dalam memanfaatkan waktu yang ada memang acap membuat orang kurang produktif dan kehilangan banyak kesempatan emas dalam hidupnya. Di tahun ini semoga hal serupa tidak terulang lagi. Cobalah menggunakan 365 days planner 2020 agar semua rencana sepanjang tahun 2020 terjadwal rapi, sehingga target-target terpenuhi.

Lantas, apa sih jurnal 365 days planner 2020 itu?

            Jurnal 365 days planner 2020 adalah semacam daftar aktivitas yang akan dilakukan sepanjang tahun 2020. Jurnal 365 days planner 2020 sebenarnya bukan sesuatu yang baru, namun dulu mungkin belum jamak orang yang mengandalkannya sebagai media pengingat. Tapi kini justru sebaliknya, telah banyak orang yang merasa terbantu dengan jurnal seperti ini.

            Jurnal 365 days planner dapat dibuat secara manual ataupun cetak. Bahkan, lebih mudahnya lagi bisa dibuat dengan bantuan aplikasi online. Aplikasi-aplikasi daily journal tersebut menyediakan beragam pilihan template yang menarik.  Jadi, selain tidak perlu pusing memikirkan bagaimana desain jurnalnya, kita juga tidak perlu repot membuat kolom dan atau tabel lagi. Semua telah tersedia secara otomatis. Tinggal isi kegiatan atau rencana apa saja yang akan dilakukan sepanjang tahun 2020.

            Walau praktis, sebagian orang ternyata lebih suka menumpahkan kreativitasnya membuat jurnal 365 days planner secara manual pada buku khusus seperti agenda atau diary. Apapun teknis pembuatannya, terpenting jurnal memuat bagian-bagian berikut ini.

Future Log

            Future log merupakan bagian yang mengisi halaman-halaman terdepan pada buku/agenda 365 days planner. Isinya berupa 12 kolom bulan, lengkap dengan tanggal-tanggalnya. Semua kegiatan penting selama satu tahun ke depan dirangkum pada bagian ini. Selain sebagai lembar pembuka, future log juga berguna sebagai acuan kita saat mengisi monthly log pada bagian berikutnya.

Monthly Log

            Monthly log merupakan bagian dari tiap-tiap bulan dalam satu tahun penuh. Pada bagian ini, kita buat list apa saja aktivitas atau event penting yang akan terjadi pada bulan tersebut. Kita bisa menyesuaikannya dengan apa yang sudah kita rangkum sebelumnya pada future log. 

Daily Log

            Daily log ada pada tiap-tiap bulan di sepanjang tahun. Ini semacam pengerucutan dari monthly log. Contoh:

            Pada bulan Januari, terdapat 20 aktivitas penting yang harus dilakukan. Masing-masing jatuh pada tanggal 2, 5, 8, 9, 10, 11, 13, 14, 15, 16, 17, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 27, 30, dan 31. Pada tanggal 2, yang tugas yang harus dikerjakan antara lain mencari vendor baju pengantin, survey gedung serba guna, meeting dengan sponsor, dan konsul ke ahli gizi di dokter keluarga. Begitu seterusnya pada tanggal-tanggal penting yang tercantum di setiap bulan.

Tiga bagian di atas adalah contoh paling sederhana dari sebuah jurnal 350 days planner. Jika ingin lebih komplit lagi, kita bisa menambahkan bagian-bagian penunjang lainnya, seperti:

  • Mood Tracker. Bagian ini diisi berdasarkan suasana hati setiap hari.
  • Goals. Berisi tujuan, cita-cita, atau target sepanjang tahun 2020
  • Pencapaian. Menyangkut apa saja yang telah berhasil dicapai.
  • Quotes. Menyisipkan quotes pada jurnal secara tidak langsung dapat membangkitkan semangat mengisi hari dengan lebih baik lagi.

            Itulah cara jitu memanfaatkan waktu menggunakan jurnal 365 days planner 2020. Ingat, ini bukan hanya bagus diterapkan untuk orang dewasa saja, tapi juga usia anak-anak untuk membiasakan mereka menyusun dan patuh  terhadap schedule setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.