Mau Cetak Buku? Kenali Dulu Tahapan-Tahapan Dalam Percetakan

By | 21 March 2019

MSebelum membahas tentang tahapan-tahapan dalam percetakan tidak ada salahnya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu percetakan.

Apa Itu Percetakan?

Percetakan merupakan sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk mencetak salinan dari suatu tulisan atau gambar. Salinan ini dibuat dengan menggunakan media yang memiliki permukaan datar dimana harus menggunakan mesin cetak yang memiliki ukuran besar serta di dukung dengan teknologi yang sera canggih. Proses dari mencetak ini pun biasanya sangat cepat. Bahkan dalam hitungan menit sudah dapat mencetak beberapa file yang tersedia.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pada umumnya percetakan menggunakan tinta yang berwarna-warni serta media yang digunakan untuk mencetak adalah kertas atau kain. Dari percetakan ini biasanya menghasilkan buku, surat kabar, undangan, majalah, kalender, kartu nama, banner, dan lain sebagainya.

Untuk itu, tidak bisa anda pungkiri bahwa saat ini bisnis percetakan menjadi salah satu pilihan bagi para pebisnis. Hal ini dikarenakan mengingat semakin banyaknya manfaat dari percetakan ini. Banyak perusahaan, sekolah, perorangan bahkan instansi pemerintahan yang menggunakan jasa percetakan untuk memenuhi kebutuhan mereka, mengingat kemajuan teknologi yang serba canggih dan tuntutan kebutuhan di era yang modern ini. Terutama kebutuhan dalam menyalin dokumen yang memang mengharuskan anda untuk dapat bergerak cepat dan tentunya dengan hasil yang maksimal.

Tahapan-Tahapan Dalam Percetakan

1. Typesetting

Typesetting merupakan tahap awal yang harus dilalui dalam proses percetakan. Dimana proses ini merupakan proses penyesuaian gambar atau tulisan dengan warna dan corak aslinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka saat ini percetakan telah menggunakan bantuan teknologi yang sudah canggih, yaitu komputer.  Dengan bantuan komputer maka akan mempermudah jasa percetakan untuk menghasilkan salinan yang maksimal dan sesuai dengan permintaan konsumen atau klien. Teknik ini biasanya disebut sebagai digital printing.

2. Image Assembly

Tahap kedua dalam proses percetakan ini adalah image assembly. Dimana dalam tahap ini merupakan tahapan untuk mengatur gambar yang akan dicetak. Gambar yang akan dicetak harus diatur sedemikian rupa agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pengaturan gambar ini tentunya juga dengan menggunakan bantuan komputer.

3. Platemaking

Tahapan ini merupakan tahapan untuk pembuatan plat gambar yang akan melalui proses pencetakan. Tahap ini dilakukan dengan tujuan agar gambar yang dihasilkan sesuai dengan gambar yang diperlihatkan serta hasilnya pun bagus. Dengan hasil yang bagus serta sesuai dengan yang telah diperlihatkan maka klien atau konsumen pun akan puas. Maka jasa percetakan pun tentunya akan berusaha untuk melakukan tahapan ini semaksimal mungkin agar hasil yang diberikan pun dapat memuaskan para klien atau konsumen mereka.

4. Printing Presses

Printing presses merupakan lanjutan dari tahapan platemaking, yaitu gambar yang telah di plat tadi akan masuk ke mesin pencetak untuk dicetak hasilnya.

5. Penjilidan

Penjilidan merupakan tahapan terakhir yang dilalui dalam proses percetakan. Dimana dalam tahapan ini pemberi jasa percetakan akan mengelompokkan serta merapihkan hasil cetakan yang ada sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

Dengan melalui tahapan-tahapan percetakan yang ada maka tentunya akan menghasilkan salinan dokumen atau gambar sesuai permintaan konsumen dan konsumen pun merasa puas. Untuk itu, jasa percetakan memang harus bekerja secara maksimal untuk memberikan kepuasan para pelanggan dan menghasilkan salinan yang maksimal. Hal ini dikarenakan kepuasan pelanggan merupakan cerminan dari kinerja jasa percetakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.