Tingkatkan Produktivitas Dengan Agenda Weekly Planner 2020

By | 3 March 2020

Pernah merasa pergantian hari terasa terlalu cepat? Ya 24 jam terasa singkat sekali sehingga banyak pekerjaan yang masih menggantung dan target meleset. Salah satu penyebabnya adalah kegagalan Anda menetapkan prioritas dan memanfaatkan waktu yang ada. Tampak sibuk, tapi tujuan yang diharapkan tak kunjung tercapai. Jika Anda pernah mengalami hal yang demikian, mungkin sudah waktunya Anda membuat weekly planner 2020.

Apa Itu Weekly Planner 2020?

            Weekly planner merupakan schedule rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam satu minggu. Schedule tersebut dapat ditulis secara manual dalam buku agenda khusus ataupun secara digital. Semuanya tergantung keinginan masing-masing individu. Tak sedikit yang menganggap membuat weekly planner itu buang-buang waktu. Padahal faktanya weekly planner justru membantu kita dalam memanfaatkan waktu yang tersedia.

Siapa Yang Paling Butuh Weekly Planner?

            Pada dasarnya, semua orang membutuhkan weekly planner. Hanya saja, yang paling disarankan adalah orang-orang yang kurang disiplin terhadap waktu, volume kerja tinggi, dan pelupa. Dengan adanya catatan rencana kegiatan selama satu minggu, diharapkan tidak ada tugas-tugas yang terbengkalai lagi.

Manfaat Weekly Planner

            Membuat weekly planner sama sekali tidak menimbulkan kerugian. Justru manfaatnya sangat besar sekali, antara lain:

  1. Weekly planner memuat beberapa daftar kegiatan yang disusun berdasarkan tingkat urgensi masing-masing. Sehingga kita menjadi tahu mana kegiatan yang lebih prioritas didahulukan dengan kegiatan lain yang masih bisa diselesaikan setelahnya.
  2. Membantu kita mencapai target tepat waktu. Target-target yang dulunya sering sekali meleset dari jadwal yang diperkirakan, kini bisa lebih tepat waktu dicapai. Sebab, dengan adanya weekly planer otomatis kita akan menyelesaikan kegiatan yang paling penting terlebih dahulu.
  3. Menghemat waktu. Membuat weekly planner juga memungkinkan kita menghemat waktu. Sebab, kita tahu apa-apa saja yang harus diselesaikan setiap harinya. Bukan lagi mengingat-ingat tugas apa yang terlewatkan.
  4. Menjadi pribadi yang lebih disiplin. Dengan adanya keteraturan jadwal setiap hari, secara tidak langsung mendidik kita menjadi pribadi yang lebih disiplin terhadap pemanfaatan waktu dan tanggung jawab.
  5. Meningkatkan daya kosentrasi. Karena ingin mencapai target tepat waktu, kita akan berusaha semaksimal mungkin fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan.
  6. Produktivitas meningkat. Orang-orang yang terampil memanfaatkan waktu sebaik mungkin sudah pasti lebih produktif dibandingkan orang-orang yang senantiasa lengah. Semakin banyak pekerjaan yang dapat dirampungkan tepat waktu, semakin banyak hasil yang diterima kelak.
  7. Membuat hari-hari terasa lebih menyenangkan. Keteraturan membuat batin merasa lebih tenang. Betapa tidak? Semua kegiatan telah direncanakan sebelumnya berhasil diselesaikan tepat pada waktunya.
  8. Punya catatan yang bisa dibaca/diakses ulang kapan saja. Banyak orang yang lupa telah melakukan apa saja di masa lampau. Sulit bagaimana mereka menjabarkan bagaimana mereka bisa sampai pada titik saat ini. Namun lain cerita jika kita punya agenda weekly planner sendiri. Kita dapat membaca/mengakses kembali apa saja yang telah kita lakukan terdahulu dan menjadi bahan ajar di masa depan.

Tahap-Tahap Membuat Agenda Weekly Planner

            Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, agenda weekly planner bisa dibuat secara manual maupun digital. Bahkan kini banyak aplikasi online dengan template-template seru untuk membuat weekly planner. Jadi Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana designnya.

            Tahap-tahap membuay agenda weekly planner sangat mudah, dimulai dari:

  • Tulis seluruh daftar kegiatan yang harus dikerjakan dalam 1 minggu .
  • Kelompokkan kegiatan tersebut berdasarkan jadwal pengerjaannya.
  • Jangan lupa, tulis segala sesuatu yang harus Anda ingat dalam pelaksanaan kegiatan kelak. Misal, hari Selasa Anda harus mengikuti gotong royong massal. Ingatlah untuk membawa masker hidung dan sarung tangan sebab keduanya nyaris tidak pernah disediakan oleh pantia gotong royong.

            Nah, itulah asyiknya kalau kita punya agenda weekly planner 2020. Gimana, Anda tertarik untuk membuatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.