Menentukan Standar dan Mengatur Margin Sebuah Buku

By | 23 May 2018

Berbicara tentang sebuah buku, maka kita tidak akan lepas dari yang namanya margin atau batas tepi sebuah buku. Apakah margin sebuah buku itu penting? Jawabannya tentu iya. Karena selain faktor estetika, sebuah margin menentukan langkah awal Anda membuat buku yang bagus dan menarik untuk dibaca pembaca Anda.

Lalu berapa sih standar margin sebuah buku? Jawabannya tidak ada. Namun jika Anda bertanya berapa margin yang pantas untuk sebuah buku agar enak dibaca. Berikut beberapa tips dari saya.

1. Tentukan Posisi nomor halaman. Untuk menentukan margin awal sebuah buku sangat penting Anda menentukan penomoran halaman buku terlebih dahulu akan berada pada header atau footer buku.

Jika halaman buku berada pada footer baiknya :

Margin atas : 15 mm
Margin inside  : 18 mm
Margin outside : 15 mm
Margin bottom : 20 mm

Jika halaman buku berada pada header buku baiknya :

Margin atas : 20 mm
Margin inside  : 18 mm
Margin outside : 15 mm
Margin bottom : 15 mm

2. Ingat Mirror Margin, Normalnya sebuah buku memiliki halaman berada pada posisi kanan dan kiri yang sering disebut sebagai mirro margin. Jika Anda merasa bingung dan tidak bisa membuat mirror margin ada baiknya saya sarankan Anda membuat nomor halaman berada ditengah buku agar hasil cetakan Anda aman ketika dicetak.

3. RUMUS PENTING. Pahami rumus penting berikut bahwa Halaman ganjil selalu berada dikanan dan Halaman genap akan selalu ada di kiri.

4. Selalu mulai Halaman 1 dengan halaman pertama buku bukan halaman cover.

Kesalahan yang sering terjadi pada desainer pemula atau Anda yang tidak memiliki pengetahuan tentang desain grafis adalah membuat sebuah buku dimulai dengan halaman pertama adalah halaman cover baru dilanjutkan dengan halaman pertama isi buku itu sendiri.

Ini adalah kesalahan fatal karena nantinya halaman Anda seterusnya akan berantakan dimana halaman cover Anda yang seharusnya tidak dihitung sebagai halaman buku Akan menjadi halaman 1 sedangkan halaman 1 buku Anda akan berubah menjadi halaman dua dari buku Anda dan mengakibatkan kesalahan posisi margin buku yang seharusnya halaman 1 buku berada di kanan bergeser kekiri dan begitu pula sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.