Masa Depan Digital Printing di Era Digital Teknologi

By | 25 December 2017

Hari ini, orang bisa dengan mudah memasang dan mencetak foto selfi, dokumen atau email hanya dengan satu tombol melalui pencetakan digital.

Apa itu digital printing?

Digital Printing adalah proses pengiriman dokumen ke komputer pribadi atau peralatan digital lainnya ke perangkat cetak yang dapat menerima output teks dan grafik. Dimana informasi tersebut akan di proses menjadi kode biner atau didigitalkan sehingga bisa disimpan dan direproduksi. Tidak perlu mengganti pelat cetak dalam digital printing, sehingga menghasilkan waktu penyelesaian yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah.

Mengamati perkembangan cetak digital tentu sangat menarik, terlebih jika kita melihat perkembangan digital printing yang semakin pesat dan diprediksi akan mencapai puncaknya di era teknologi ini. Kenapa digital printing semakin diminati? Jawabannya mungkin karena di era digital ini semakin berkurangnya permintaan cetak dalam jumlah banyak dan tingkat permintaan masyarakat yang berubah dari awalnya lebih suka stok cetakan untuk mendapatkan harga yang murah dan sekarang berubah menjadi mencetak sesuai kebutuhan.

Digital Printing sendiri ada beberapa kategori, untuk saat ini terbagi menjadi 3 kategori dan tentu kategori ini akan terus berkembang seiring dengan tingkat kreatifitas dan kebutuhan cetak yang beraneka ragam. Agar Anda tidak salah memilih tempat dan mengerti perbedaannya ada baiknya Anda pahami 3 kategori digital printing berikut :

 

1. Digital Printing (Digital Press/Docu Printing/Digital Offset)

Digital Printing jenis ini bisa ditandai dengan rata-rata menggunakan media kertas dimana produknya berupa brosur, buku, catalog, poster, kartu nama dan cetak lembaran kertas terdiri dari berbagai ukuran seperti A5, A4, atau A3.

Produk Digital Press semakin menjamur dan hampir merata penyebarannya di seluruh Indonesia, kemudahan yang ditawarkan dan hasil yang tidak jauh beda dengan cetak offset menjadikan digital press pilihan utama alternatif cetak cepat dan murah. Digital press terkenal juga dengan sistem print on deman nya yaitu mencetak sesuai kebutuhan.

Sumber : andersonvreeland 

2. Digital Printing Indoor / Outdoor

Berbeda dengan kategori sebelumnya, Digital Printing ini meliputi Banner, spanduk, backdrop dan lain-lain saat ini banyak digunakan sebagai media promosi mandiri yang dicetak dalam media plastic, nylon, vinyl dan lain-lain. Banner sifatnya fleksibel, bisa dipajang di berbagai lokasi, baik outdoor maupun indoor, sehingga mampu menyampaikan informasi tentang produk atau kegiatan yang ditawarkan kepada pelanggan secara lebih luas.

Karena aplikasinya berbeda, media yang digunakan untuk produk cetak indoor dan outdoor pun berbeda spesifikasinya, masing-masing  memiliki nilai plus minus. Sebagai contoh, untuk aplikasi  outdoor pencetakan dilakukan dengan menggunakan media dan jenis tinta yang tahan terhadap paparan cahaya matahari, sedangkan untuk aplikasi indoor, karena posisi peletakannya lebih dekat dengan mata, maka akurasi warna dan penggunaan tinta yang tidak mengganggu kesehatan tentu lebih diutamakan.

Sumber : information-age

Demikian juga dengan baliho atau media iklan dalam ukuran besar dan panjang. Saat ini, baliho dan spanduk banyak digunakan sebagai media promosi outdoor. Pada awalnya, spanduk dicetak dengan menggunakan bahan dasar kain nylon. Dengan teknologi digital printing, spanduk dicetak menggunakan mesin digital berukuran besar dan bahan yang lebih beragam, sehingga gambar lebih realistis dan warna yang dicetak sesuai dengan keinginan pelanggan.

 

3. Digital Printing T-shirt, Mugs dan ID Card

Salah satu produk yang bisa dikerjakan dengan Mesin Digital Printing adalah jenis cetak sablon (cetak saring) yang medianya sangat beragam, seperti t-shirt, mugs, dan ID Card. Dalam proses pembuatan produk digital printing jenis ini, pelanggan bisa membuat desain sendiri dengan format file digital. Harga pun bisa lebih murah karena dapat memesan produk dengan jumlah sesuai kebutuhan kita, sehingga tidak memerlukan banyak bahan. Keunggulan cetak digital ini adalah sifatnya yang eksklusif karena dicetak dalam jumlah terbatas.

Investasi usaha digital printing tidak terlalu besar. Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha digital printing jenis sablon t-shirt digital, antara lain komputer spek grafis, mesin print komputer biasa, namun menggunakan tinta khusus sablon, dan kertas sablon atau transfer paper dan setrika listrik.

Hal lain yang menjadi keunggulan jenis sablon dengan digital printing  adalah dapat mencetak di bidang lunak, juga dapat mencetak gambar di mugs atau gelas keramik. Cara mencetaknya dengan menggunakan alat digital khusus mugs. Banyak perusahaan memesan produk souvenir yang dicetak dengan logo perusahaan. Contohnya mugs sangat cocok untuk souvenir perusahaan selain fungsional sebagai tempat minum, mugs yang berlogo perusahaan berfungsi sebagai media mengangkat citra perusahaan/brand image. Usaha digital printing jenis ini cukup menjanjikan.

 

Kelebihan Digital Printing Vs Pendahulunya (Cetak Offset)

  • Jika anda mencetak dalam jumlah sedikit ratusan lembar ataupun hanya 1 lembar, mesin digital printing menjadi satu-satunya pilihan Utama.
  • Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk dapat menikmati hasil cetak dari mesin cetak digital. Bahkan terkadang bisa di tunggu.
  • Untuk cetak satuan atau banyak perbedaan harga tidak terlalu mencolok, tergantung dari kondisi dan perhitungan masing-masing perusahan percetakan.
  • Digital Printing juga pilihan paling efisien mencetak dengan custom, misalnya cetak banyak namun ingin memberikan perbedaan pada salah satu halaman khusus.
  • Mesin cetak digital adalah teknologi yang ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.