Membuat Halaman Buku Menggunakan Indesign

By | 17 February 2017

Dalam artikel membuat halaman buku menggunakan Indesign kali ini kita akan membahas sampai tuntas tentang cara membuat halaman serta pengaturan halaman dalam membuat buku menggunakan Indesign.

Hal terpenting yang perlu dipahami adalah ketika menggunakan Indesign Anda harus membuang jauh-jauh pikiran bahwa Anda akan membuat atau mengatur halaman satu-persatu. Ketika sudah menggunakan software desain terutama untuk keperluan layout buku Anda harus melakukan setiap langkah demi langkahnya menggunakan master.

Klik 2x A-Master. Setelah posisi berada di A-Master,

1. Atur margin halaman.

Isikan margin minimal standarnya 1 mm. Saya sendiri lebih suka 15 mm karena lebih terlihat bagus dan agak menjaga jarak agar tidak terlalu pinggir agar tidak terpotong pada waktu dicetak.

Untuk margin atas atau bawah buat lebih besar karena biasanya untuk header atau footer judul buku dan halaman buku Anda. Untuk hal ini tergantung dari Anda ingin membuat halamannya berada diatas atau dibawah.

2. Membuat Nomor halaman. 

Pada langkah ini Anda bisa dengan leluasa mendesign halaman footer sesuai kreativitas Anda. Sebagai catatan penting tulisan “A” dalam penomoran halaman tersebut bukan di tulis manual. Namun Anda harus menekan shift+option+command N (mac) atau Shift+Alt+Ctrl N (Windows) tujuannya adalah tanda “A” tersebut akan berubah sendiri menjadi halaman sesuai dengan halaman yang Anda buat.

3. Pengaturan Halaman

Selebihnya setelah selesai membuat penomoran dan footer buku pada halaman Master. Anda bisa mengatur halaman buku Anda pada menu Numbering & Section Option

Layout >> Numbering & Section Option

Star page numbering : Awal halaman yang ingin dimulai

Style : Pilihan halaman mau menggunakan romawi atau angka

Lalu tekan OK.

4. Menambah Jumlah Halaman.

Dalam membuat suatu buku pasti Anda akan bertemu dengan penambahan atau pengurangan halaman sesuai kebutuhan. Di Indesign fitur tersebut sangat mudah dan flexible untuk dilakukan dengan langkah berikut :

Pages >> Insert Pages

Pages : Isi Jumlah halaman yang ingin ditambah

Insert : Pilih halaman yang ditambah ingin ditampilkan before/after halaman tertentu misalnya (after page 6)

Master : Pilihan Master yang digunakan jika Anda memiliki lebih dari satu master.

Klik OK.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.