0
Rp0
Mini Cart
  • Empty cart

    No products in the cart.

<strong>Apa Saja Cara Optimasi Bisnis SEO yang Wajib Diketahui Pengusaha?</strong>

Sebagai pengusaha, Anda pasti ingin bisnis yang dijalankan dikenal banyak orang, berkembang, dan laku di pasaran, bukan? Jika dahulu untuk mewujudkan hal tersebut dilakukan melalui banner, lisan, atau tulisan, saat ini pelaku bisnis harus menggunakan SEO. Ada beberapa cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

Apa itu SEO?

Optimasi Bisnis SEO yang Wajib Diketahui Pengusaha
Optimasi Bisnis SEO yang Wajib Diketahui Pengusaha

SEO, singkatan dari Search Engine Optimization, adalah teknik atau cara untuk mengoptimalkan website, termasuk website yang digunakan untuk berbisnis. Penggunaan SEO yang optimal dapat menjadikan website Anda berpotensi besar menarik traffic yang lebih banyak, terutama pengunjung yang sesuai dengan target market. Kemungkinan besar, target market tersebut adalah para pengunjung yang siap membeli produk-produk bisnis Anda.

Untuk membuktikan kinerja SEO, pengunjung cukup mengetikkan keyword di mesin pencari. Jika keyword yang diketikkan berada di posisi paling atas atau di halaman pertama mesin pencari, website tersebut memiliki peringkat yang baik karena banyak dikunjungi.

15 Cara Optimasi Bisnis SEO yang Wajib Diketahui Pengusaha

Menawarkan produk-produk bisnis di website dengan tujuan menarik minat beli pengunjung atau konsumen tidaklah mudah. Diperlukan cara-cara yang efektif untuk mewujudkannya, salah satunya dengan menggunakan SEO.

Tetapi sayangnya, tidak semua pelaku bisnis memahami SEO. Supaya bisnis yang dijalankan membuahkan hasil yang sesuai dengan keinginan, silakan coba 15 cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha berikut ini.   

Melakukan Riset Keyword

Keyword menjadi hal penting dalam SEO karena dapat mempengaruhi traffic. Saat melakukan riset keyword, pastikan keyword yang Anda buat tepat dan memudahkan pengunjung untuk mencarinya di mesin pencari. Untuk mengetahui keyword yang banyak dicari, Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner atau Google Trend. 

Menganalisa Kompetitor

Di dalam dunis bisnis, pasti ada persaingan. Supaya dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat dan dapat menyusun strategi yang tepat, Anda harus menganalisa kompetitor. Salah satunya dengan mengunjungi website-website kompetitor, melihat keyword yang digunakan, serta mempelajari kelebihan dan kekurangan konten yang kompetitor buat.

Memperhatikan Penulisan Nama Produk

Penulisan nama produk yang sesuai dengan produk yang ditawarkan akan memudahkan pengunjung atau konsumen untuk menemukannya di mesin pencari. Selain itu, penulisan nama produk yang jelas, mudah dipahami dan diingat, padat, singkat, serta sesuai dengan target pasar juga harus diperhatikan.

Mendeskripsikan Produk Sesuai dengan Keyword

Mendeskripsikan produk sesuai dengan keyword dapat menarik minat konsumen pada produk-produk yang ditawarkan. Untuk membuat deskripsi produk yang sesuai dengan keyword, Anda harus mempertimbangkan minat dan kebutuhan target pasar.

Mendaftar di Google Business

Mendaftar di Google Business menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengunjung atau konsumen mengetahui informasi tentang bisnis Anda. Tools dari Google ini dapat memberikan informasi-informasi penting, mulai dari profil perusahaan, apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan, hingga testimonial konsumen. Dengan bantuan Google Business, potensi mendatangkan banyak pengunjung lebih besar.  

Memasang Ads Jika Budget Terbatas

Memasang Ads jika budget terbatas menjadi salah satu cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha. Jika menggunakan cara ini, Anda harus membuat konten produk yang edukatif, objektif, dan solutif.

Mengombinasikan Keyword

Mengombinasikan keyword dapat membuat produk yang dicari di mesin pencari semakin spesifik dan tentunya semakin memudahkan konsumen untuk mencarinya. Tetapi, Anda harus ingat, cara ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Anda tetap harus memperhatikan kerelevanan keyword dengan produk yang ditawarkan.

Membuat Konten Yang Menarik

Membuat konten yang menarik menjadi salah satu cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha. Dengan konten yang menarik, website bisnis Anda berpotensi banyak dikunjungi sehingga dapat meningkatkan SEO. Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan template yang sesuai dengan tema bisnis, menulis artikel dengan sisipan gambar yang informatif, dan menggunakan foto yang menghibur.

Membuat Website yang Mobile-Friendly

Tidak semua orang dapat melihat website di komputer atau laptop, terutama orang-orang yang pekerjaannya selalu mobile. Untuk memudahkan orang-orang tersebut membuka website bisnis Anda, Anda dapat membuat website yang mobile-friendly. Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah mengakses website Anda di mana saja dan kapan saja.

Mengoptimalkan Foto Produk

Foto produk yang menarik dan jelas dapat memikat minat pengunjung atau konsumen untuk mengunjungi website bisnis Anda. Bahkan kemungkinan besar, mereka akan membeli produk tersebut. Semakin banyaknya pengunjung yang berkunjung ke website tersebut, semakin tinggi pula rating website bisnis Anda.

Menambahkan Link yang Sesuai

Selain menggunakan website, cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha adalah juga menggunakan media sosial. Anda dapat mencantumkan link website atau link akun bisnis yang digunakan.

Menggunakan Backlink

Menggunakan backlink atau link building dapat memajukan bisnis yang dijalankan karena bisa mendapatkan link website yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjalin kerja sama dengan pebisnis lain, menarik minat konsumen lebih banyak, dan tentunya meningkatkan SEO.

Menggunakan Tools Tambahan

Tools tambahan dapat membantu menganalisa dan melihat kinerja website bisnis Anda secara detail. Hasil dari analisa ini dapat Anda jadikan evaluasi untuk meningkatkan kinerja website bisnis.

Memperhatikan Testimonial Konsumen

Melalui testimonial, pengunjung atau konsumen suatu website dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk. Hal ini tentu saja dapat menjadi acuan konsumen untuk membeli produk yang bersangkutan atau tidak. Dengan memperhatikan testimonial konsumen, pelaku bisnis dapat meningkatkan kualitas produk-produknya.

Melakukan Evaluasi

Hal yang paling penting dari cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha adalah melakukan evaluasi. Dengan evaluasi, Anda dapat mengetahui optimasi SEO yang dilakukan sudah sesuai dengan harapan atau tidak. Supaya evaluasi ini semakin maksimal, Anda dapat menggunakan Google Analytics.

Cara Kerja SEO

Setiap pebisnis pasti menginginkan websitenya berada di halaman depan, bahkan peringkat pertama, di mesin pencari. Dengan begitu, produk-produk yang dijual akan dikenal dan dibeli oleh banyak orang. Tetapi sayangnya, untuk menempati posisi tersebut, tidaklah mudah. Bahkan, jika Anda menggunakan SEO. Lalu, bagaimana cara kerja SEO yang sebenarnya?

Crawling

Di sini, mesin pencari akan mengumpulkan berbagai informasi secara detail dari website-website bisnis, termasuk website bisnis Anda. Proses crawling dilakukan oleh bot secara terus-menerus dengan mengumpulkan keyword, judul, gambar, dan link.

Indexing

Setelah proses crawling selesai, informasi yang sudah dikumpulkan akan disimpan di dalam database mesin pencari dengan keyword tertentu.

Processing

Pada proses ini, mesin pencari akan menerima keyword yang sudah diinput dan akan membandingkan keyword tersebut dengan website-website yang sudah diindeks di dalam database mesin pencari.

Calculating Relevancy

Ini menjadi proses cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha dengan membandingkan halaman-halaman website yang sudah diindeks untuk mendapatkan website yang relevan dengan keyword sesuai permintaan user. Semakin tinggi tingkat relevansinya, semakin besar peluang website tersebut berada di halaman depan atau posisi teratas mesin pencari. 

Retrieval

Di sini, mesin pencari akan memberikan user halaman website yang sesuai dengan permintaan. Hal yang harus dipahami oleh user pada proses ini adalah mesin pencari tidak memiliki algoritma yang sama. Maka tidak heran, hasil yang ditampilkan antara mesin pencari yang satu dengan mesin pencari yang lainnya berbeda meskipun dengan keyword yang sama. 

Ranking

Setelah proses-proses di atas dilalui, saatnya mesin pencari melakukan ranking. Semakin relevan keyword, semakin besar peluang website berada di halaman depan atau posisi teratas di mesin pencari.

Itulah 15 cara optimasi bisnis SEO yang wajib diketahui pengusaha supaya bisnis yang dijalankan mendatangkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Dengan SEO yang ramah, traffic website bisnis Anda akan meningkat. Semoga dengan penjelasan di atas, dapat membuat Anda semakin bersemangat dalam berbisnis.

Previous
Begini 7 Cara Login dengan WA Web!
Next
Kenali Apa Arti FOMO Pengertian dan Penjelasan
You may also like this

Leave us a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.