0
Rp0
Mini Cart
  • Empty cart

    No products in the cart.

Masuk Kuliah di kampus Impian Gratis atau Rp 0 mungkinkah? Coba tips ini

Pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia seperti yang tertuang pada pasal 31 ayat 1. Jadi buat kamu yang punya cita-cita tinggi namun terkendala untuk biaya kamu tidak perlu khawatir. Ikutin tips-tips berikut ini biar kamu bisa tetap berkuliah di kampus impian kamu dengan biaya sampai Rp 0.

Berkuliah Rp 0 menggunakan Beasiswa.

Ada beberapa jenis beasiswa S1 di Indonesia yang biasanya ditawarkan oleh berbagai instansi, antara lain:

  1. Beasiswa dari pemerintah: seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Pemerintah Daerah, Beasiswa LPDP, dll.
  2. Beasiswa dari institusi pendidikan: biasanya disediakan oleh universitas atau perguruan tinggi.
  3. Beasiswa dari perusahaan: beberapa perusahaan menawarkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi.
  4. Beasiswa dari lembaga atau yayasan: seperti Yayasan Karya Salemba Empat, Yayasan Indonesia Tionghoa, dll.
  5. Beasiswa internasional: beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah atau lembaga luar negeri untuk kuliah di luar negeri.

Meningkatkan Prestasi Akademik

Selain beasiswa yang diharuskan kamu melakukan tes sebelum diterima. Penting sekali untuk mempertahankan prestasi Akademik kamu, karena dengan prestasi akademik kamu yang bagus berbagai penawaran kuliah gratis akan banyak menghampiri kamu.

Karena pada umumnya, beasiswa memberikan persyaratan akademik tertentu pada pendaftarnya. Hanya saja, syarat akademik ini bisa berbeda-beda.

Contohnya jika kamu ingin mendaftar beasiswa KIP-Kuliah, maka kamu diharuskan memiliki prestasi akademik yang baik. Lain lagi dengan beasiswa Sampoerna yang memberikan nilai rata-rata minimal 70.

Poinnya adalah kamu harus memiliki prestasi akademik yang baik untuk bisa dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa. Beasiswa manapun pasti memilih siswa dengan prestasi yang menjanjikan untuk dipilih sebagai penerima beasiswa.

Berusaha agar masuk ke sekolah terbaik sejak dini

Sekolah terbaik disini tidak selalu sekolah yang mahal. Jika kamu mengacu ke situs LTMPT 1.000 sekolah terbaik di Indonesia, banyak ditempari oleh sekolah negeri dengan biaya sekolah yang sangat terjangkau. Namun untuk dapat diterima disekolah terbaik kamu harus memiliki nilai yang tebaik juga.

Perlu kamu tahu, jika kamu ingin bersekolah di SMA terbaik maka sejak SMP kamu juga harus masuk di SMP terbaik. Jika kamu ingin bersekolah di SMP terbaik maka kamu harus menjadi siswa terbaik di Sekolah Dasar kamu saat ini. Artinya apa, untuk mendapatkan sekolah terbaik dan nilai akademis terbaik kamu memang perlu belajar sejak dini. Umur 7-17 tahun memang harus kamu maksimalkan untuk belajar agar bisa mendapatkan tempat kuliah terbaik jalur prestasi.

Setelah mendapatkan kampus terbaik pun perjuangan kamu belum berakhir karena kamu harus berjuang untuk bisa lulus sari kampus tersebut sehingga kamu siap untuk mulai berkarier ditempat yang sudah manjadi incaran kamu sejak kecil.

Ingat ya zaman sudah berubah. Untuk menjadi manusia unggul kamu tidak cukup hanya mengandalkan ijasah SMA/SMK kamu.

Previous
Ukuran-ukuran Standar Notebook atau Agenda di Indonesia

Ari Wibowo M.M, MBA adalah Founder & Serial Entreprenuers yang memiliki keahlian tersertifikasi bidang Enabling E-commerce & Supply Chain Management. Hobby menulis tentang Traveling, dan share pengalaman menarik tentang membangun bisnis percetakan.

Website
You may also like this