Standar Ukuran Cover

By | 12 October 2014

STANDAR UKURAN COVER

07

Pada dasarnya standar ukuran cover buku adalah mengikuti ukuran buku. Dan standar ukuran sebuah buku tergantung dari selera Anda sang pemilik buku, namun berbicara ukuran yang sering digunakan dalam membuat buku berikut adalah standar ukuran buku:

1. 13 x 19 cm : Standarnya untuk novel dan buku cerita

2. 14 x 20 cm : Alternatif kedua untuk ukuran novel dan buku-buku non fiksi

3. 14,8 x 21 cm : Standar buku tulis sekolah, dan alternatif buku-buku ukuran sedang

4. 15 x 23 cm : Lebih cocok untuk buku biografy

Untuk ukuran buku dengan spesifikasi diatas biasanya akan memiliki biaya cetak yang sama, karena pada dasarnya ukuran tersebut sama maksimal 15 x 23 cm (tergantung dicetak menggunakan mesin apa) jadi jika Anda memesan dengan ukuran dibawah 15 x 23 cm maka akan disesuaikan dengan ukuran permintaan Anda namun biaya produksi cetak akan sama.

Ukuran Buku berikutnya:

5. 17,6 x 25 cm (B5) : standar untuk buku company profile dan majalah

6. 21 x 29,7 cm (A4) : standar untuk buku-buku pelajaran, skripsi, makalah

Dua ukuran diatas adalah standar alternatif jika ada yang ingin memiliki ukuran diatas 15 x 23 cm. ukuran B5 dengan 17,6 x 25 cm biasanya digunakan untuk buku-buku khusus seperti portofolio. Ukuran ini cukup unik meski dalam percetakan sering dibilang ukuran nanggung karena akan banyak sekali kertas yang dibuang dan harganya akan sama dengan orang yang mencetak dengan ukuran A4 (21 x 29,7) ukuran ini banyak digunakan untuk buku-buku sekolah tingkat dasar atau buku-buku bergambar dan majalah.

 

Tips Membuat Cover

Ketika Anda adalah seorang desainer profesional dalam membuat cover buku, Anda harus perhatikan bahwa sebuah buku memiliki cover Depan, Cover Belakang dan Punggung Buku. Anda harus membuatkan hal ini dalam kesatuan design agar buku terlihat sempurna. Perhatikan studi kasus berikut ini:

Andi ingin membuat cover untuk buku karya pertamanya dalam ukuran 13 x 19 cm. Dengan ketebalan buku Andi sekitar 150 halaman. Andi mengukurnya bahwa punggung buku Andi berkisar 1 cm. Andi mulai membuat ukuran untuk bukunya dengan software Indesign sbb:

1. Buat ukuran halaman sbb untuk ukuran width: 13 + 13 +1 = 27 cm. height : 19 cm. Karena Andi menggunakan software Indesign, Andi tinggal mengisi kolom untuk bleed dengan angka 3 mm. Lalu membuat gutter dengan 1 cm untuk punggungnya.

2. Anda tinggal mendesign untuk cover depan berada pada sebelah kanan, cover belakang pada sebelah kiri dan halaman ditengah itu adalah untuk punggung buku.

3. Pada dasarnya halaman depan cover berisi judul buku. Gambar ilustrasi seusai selera, nama penulis, logo penerbit dan kata-kata pemanis buku yang menarik untu menjual sebuah buku tersebut

4. Punggung buku berisi paling atas adalah nama penulis, judul buku dan terakhir adalah logo penerbit dibagian bawah

5. Untuk halaman belakang rata-rata berisi sinopsis buku atau bisa tentang penulis. Barcode ISBN, Informasi tentang penerbit seperti nama penerbit, alamat dan kontak yang bisa dihubungi serta social media.

6. Jangan lupa untuk selalu membuat halaman bleed yang akan saya bahas lebih jauh pada artikel dibawah.

Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

 

Kesalahan Besar Dalam Membuat Cover

Kebanyakan penulis atau jasa design cover banyak yang melakukan kesalahan dalam membuat cover, yaitu hampir semua materi yang kami terima dari mereka lupa menambahkan bleed (lihat gambar area hitam diluar garis merah). Bleed sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna untuk buku Anda. Normal sebuah bleed adalah 3 mm ( 3 mm untuk atas cover, samping kanan, samping kiri dan bagian bawah cover).

Cover ini diambil dari buku terbitan penerbit dapur buku dengan judul Profit 10% karya Agus Syahroni

 

Tips membuat Bleed:

  1. Buat ukuran buku misal 13 x 19 cm
  2. Tambahkan Bleed 3 mm (atas, kiri, kanan, bawah). Jika Anda menggunakan software desain seperti Indesign atau ilustrator Anda tinggal mengisikan 3 mm pada kolom bleed yang disediakan.
  3. Jangan lupa area diluar ukuran 13×19 (ukuran jadi buku) atau disebut bleed (3 mm) akan dibuang jadi jangan sampai ada tulisan-tulisan bagian inti buku yang ikut pada area ini.
  4. Biasakan membuat tulisan-tulisan penting untuk tidak terlalu berada dipinggir (lihat gambar) misalnya: nama penulis, logo penerbit, barcode dan info fanpage penerbit buatlah menjauh dengan jarak minimal 5 mm dari ukuran jadi 13 x 19 cm. Jika ditambah bleed berarti menjadi 8 mm.
  5. Mengapa bleed sangat penting?. Karena pada dasarnya manusia tidak ada yang sempurna, kesalahan operator dalam memotong buku Anda sangatlah besar. jadi jika ada kesalahan potong antara 1-3 mm maka buku Anda masih akan selamat mendapatkan tampilan yang sempurna.
  • heavenfull

    postingan yang bermanfaat, terima kasih.

  • Infonya berbobot
    Kunjung balik saya ya sob.

  • Ahmad

    Bleed itu apa

    • admin

      Bleed, area tambahan yang nantinya akan terpotong…

  • Iday

    Terima kasih sangat berguna

  • Wahyu Pratama

    Mau nanya bung Admin. Kalau untuk ukuran 19 x 23 masuk kedalam kategori apa yah? Apakah ukuran seperti itu juga bisa dilayani?

    • admin

      B5 pak. Harga ikut harga A4 yah