Standar Kertas Isi Buku

By | 13 October 2014
beautifulBook

Contoh isi kertas buku menggunakan kertas Artpaper

Kali ini kita akan membicarakan kertas yang sering digunakan untuk isi sebuah buku. Berbicara sebuah kertas kita tidak akan menemukan 1 atau 2 nama saja, karena macam kertas banyak sekali kalau tidak percaya silakan Anda datang ke toko kertas.

Saya akan selalu bilang saya hanya akan membahas standar kertas yang biasa atau sering digunakan dalam membuat sebuah buku. Jika Anda punya permintaan khusus silakan Anda bahwa langsung contoh kertas tersebut ke percetakan dimana Anda akan mencetak buku, atau jika Anda tidak punya contoh pastikan Anda tahu namanya dengan terlebih dahulu mengunjungi toko kertas untuk memastikannya.

Permintaan kertas dengan spesifikasi khusus, menurut pengalaman saya jangan mengharap Anda bisa mencetak dengan 1 atu 2 buku saja karena kemungkinan besar Anda tidak akan dilayani oleh kebanyakan percetakan di Indonesia.

baiklah sekarang kembali kepada standar kertar yang sering digunakan untuk isi sebuah buku. Disini hanya akan saya bahas cuma 4 saja, ya memang kebanyakan hanya empat kertas ini yang digunakan, lebih detailnya sebagai berikut:

1. HVS (70 gsm, 80 gsm, 100 gsm)

Jenis kertas ini tentu sering Anda temui dimana-mana, karena banyak sekali dipergunakan kadang untuk print pribadi dirumah atau di fotocopy pinggir jalan. Kertas ini berwarna putih dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 70-100 gsm. Bahkan beberapa fotocopy ada yang menggunakan ketebalan 60 gsm, tentu disini kecermatan Anda sangat dibutuhkan karena harganya tentu akan berbeda.

Standar untuk isi buku Anda cukup menggunakan HVS 70 gsm, karena jika terlalu tebal, untuk buku dengan lebih dari 200 halaman akan terasa tebal sekali dan berat. Tentunya membuat buku Anda tidak efisien.

Koreksi : Banyak sekali yang datang ke percetakan saya, menyebut kertas ini dengan kertas A4 warna putih. Saya koreksi disini bahwa Letter (21,5 x 27,9 cm) A4 (21,5 x 29,7 cm) dan Folio (21,5 x 33 cm) adalah sebuah ukuran kertas bukan nama sebuah kertas. Jadi setelah membaca tulisan ini jangan pernah lagi menyebut nama kertas dengan A4 ya. Be smart reader

2. Bookpaper (55 gsm, 57,5 gsm 70 gsm)

Masih banyak sekali orang yang awam dengan jenis kertas ini, ya tapi mereka sebenarnya tahu karena kertas ini sering dipake untuk buku-buku novel dan buku-buku cerita lain banyak sekali Anda lihat di toko buku gramedia atau gunung Agung. Kertas berwarna agak cream atau kecoklat-coklatan ini disebut Bookpaper dengan ketebalan standar yang banyak digunakan adalah 55 gsm atau 57.5 gsm. Kertas ini juga sering disebut kertas storenso. Untuk lebih jelas tentang kertas ini silakan lihat perbedaan gambar dibawah ini, sebelah kiri berwarna putih adalah HVS sedangkan disebelah kanannya yang dimaksud bookpaper

HVS-Vs-Bookpaper

3. Art Paper (100 gsm, 120 gsm, 150 gsm)

Art Paper adalah kertas berwarna putih mengkilap dengan ketebalan antara 100-180 gsm. namun untuk isi biasanya standar maksimal adalah 150 gsm karena buku akan terasa tebal sekali jika menggunakan ketebalan diatas itu. Biasanya Art paper digunakan untuk buku-buku dengan isi yang dicetak berwarna seperti majalah, portofolio, company profile dll.

4. Matte Paper (100 gsm, 120 gsm, 150 gsm)

Matte Paper tidak berbeda jauh dengan Artpaper, kertas ini adalah versi redupnya dari Artpaper, dengan ketebalan sama seperti Artpaper namun matte paper tidak begitu mengkilap. Kenapa saya bilang tidak begitu mengkilap, mungkin Anda harus membandingkannya dulu baru akan percaya, kedua jenis kertas ini tidak begitu berbeda bahkan kadang pegawai toko kertas pun kesulitan membedakannya. Contoh kertas Art paper bisa dilihat pada gambar awal diatas.

Dan kabar buruknya, ketika Anda memutuskan untuk mencetak buku Anda dengan teknologi digital printing, memilih kertas Art paper atau Matte paper tidak akan begitu berpengaruh karena kebanyakan tinta teknologi digital printing ada lapisan yang membuat cetakan terlihat mengkilap. Jadi bahan kertas tadi otomatis akan terlihat mengkilap, tidak percaya Anda bisa mulai mencobanya.

Mungkin cuma 4 jenis kertas diatas saja yang sering digunakan untuk isi sebuah buku, yaitu HVS, Bookpaper, Art paper dan Mattepaper. Jika teman-teman punya info tambahan silakan berkomentar pada form dibawah ini, mungkin bisa sambil diskusi untuk kemajuan cetak buku di Indonesia.

 

28 thoughts on “Standar Kertas Isi Buku

  1. Edo

    Kalo untuk cetak digital poster, sebaiknya menggunakan artpaper berapa gsm mas?
    Trims sebelumnya

    Reply
  2. nowoadhi

    jenis kertas book paper dimana belinya? bisa beli online? ukurannya apakah sama dengan hvs (a4 letter dan folio) ?

    terimakasih

    Reply
    1. admin Post author

      Bisa dibeli di

      Toko Kertas Mudjur
      Alamat: Jl. Stasiun Senen No. 18C Jakarta 10410
      Telepon: (021) 421-1313 ; 421-9693 ; 380-3780
      Fax. : (021) 425-9637

      Tidak bisa online harus datang ketempat langsung. Butuh berapa banyak?

      Reply
  3. Muhammad Ihsan

    Mau nanya, saya mau mencetak sebuah kumpulan cerpen dengan bentuk buku. Ukuran kertas A5 dengan jumlah halaman sekitar 270. Kira-kira kertas yang cocok apa ya? yang tahan lama dan tidak terlalu tebal. Dan untuk cover buku menggunakan kertas apa? yang penting tebal.

    Terimakasih

    Reply
    1. admin Post author

      Bisa menggunakan bookpaper yang paling cocok untuk novel, dan untuk covernya biasanya menggunakan Art Karton 230 atau 260 gsm

      Reply
  4. widya

    apakah bisa mencetak sebuah buku dg kertas bookpaper tetapi menggunakan printer biasa? tksh

    Reply
  5. Adit

    Bila ingin membuat notebook lebih baik isinya menggunakan hvs 70gsm atau 80gsm? Dan untuk cover kertas yg bagus apa ya? Mohon bantuannya terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      lebih bagus HVS 80 gsm ketebelannya sedang tidak terlalu tipis.

      Untuk cover jika softcover menggunakan ArtKArton 260 gsm

      Reply
  6. Bagus

    Apkh bisa cetak bookpaper 55 gsm berwarna?dmn percetakannya?

    Reply
    1. admin Post author

      Bisa pak. alamat kami di jL. Assirot no 28 kebayoran lama, jakarta selatan

      Reply
  7. Jessica

    Saya cari2 artikel tentang jenis kertas untuk cover buku koq ngga nemu ya? Apa memang belum diposting?

    Reply
    1. admin Post author

      standarnya Art Karton 210, 230, 260 kak. Majalah bisa pake Art paper 190 gsm atau Matte paper 190 gsm

      Reply
  8. ahmad januar budiono

    mohon maaf minta bantuannya. saya ingin memcetak isi buku tulis biasa tapi berwarna kira2 apa ya jenis kertas yang cocok??? sekaligus untuk covernya…???

    trmakasih…semuga sukses selalu…

    Reply
  9. Sundawa

    Kalo mau pesen 50pc notebook dengan kalender gitu bisa gak ya mas? Desain cover + kalendernya juga dari kita, itu nambah harga lagi?

    Reply
  10. Robinson P

    Saya mau buat buku ukuran A4 162 halaman bahan art paper 50 pieces kena berapa pak? trims

    Reply
  11. ardi

    kalau misalnya saya mau bikin buku berukuran kecil. itu kertasnya saya sediakan atau disediakan? apakah tempat yg di kebayoran yang sekali gus memprint gambar?

    Reply
    1. admin Post author

      kertas dari percetakan kak. iya bisa print gambar silakan langsung datang saja

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *