Software Desain Cover

By | 12 October 2014

corel photoshop

Banyak sekali software yang bisa digunakan dalam mendesain cover. Ada Adobe collection mulai dari adobe photoshop, adobe ilustrator, adobe indesign, corel draw dan free hand atau mungkin Anda terbiasa menggunakan software lain tentu tidak masalah, ulasan diatas akan kami bahas satu-satu pada penjelasan dibawah.

Apapun software desain cover yang Anda gunakan tidaklah menjadi masalah dalam membuat cover. Yang terpenting adalah resolusinya, untuk mendapatkan kualitas cetak cover terbaik buatlah cover dengan resolusi 300 dpi lebih baik save dengan format psd tanpa layer. alternatif lain adalah format JPG atau PNG namun sangat disarankan adalah psd.

Sangat tidak disarankan Anda menyerahkan file cover kepada percetakan masih dalam format Corel Draw atau Ilustrator maupun InDesign. Kesalahan yang sering terjadi untuk file dengan corel draw kemungkinan font atau logo Anda tidak terconvert sehingga hasilnya bisa berbeda ketika dibuka pada komputer percetakan. Sedangkan file dengan format Ilustrator maupun InDesign sering kali versi yang Anda gunakan lebih besar dari versi yang digunakan percetakan maupun sebaliknya, hal yang sering tejadi karena percetakan harus membeli software desain itu secara original jadi mereka tidak akan update setiap kali versi terbaru keluar sampai versi tersebut benar-benar dibutuhkan.

INFO PENTING

Resolusi Standar Cover 300 dpi
Format disarankan psd, JPG
Tambahkan Bleed 3 mm (atas, kiri, kanan, bawah cover)
Buatkan Paskriss (garis potong)
Software digunakan : Adobe Photoshpo, Ilustrator, InDesign, Corel Draw, FreeHand

Hal terpenting ketika Anda menggunakan software desain Cover jangan lupa untuk menambahkan bleed (3 mm sisi atas, bawah, kanan, kiri) pada cover Anda untuk mendapatkan hasil cover terbaik pada buku Anda.

Dan berikut ulasan lengkap tentang Software Desain Cover, tutorial lengkap, free trial dan cara menggunakan software desain cover Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Addobe Indesign, Corel Draw dan Free Hand

1. Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Untuk mencoba versi trial software ini Anda bisa mengunjungi situs https://creative.adobe.com/products/download/photoshop silakan ikuti petunjuknya untuk mencoba gratis Adobe Photoshop. Sedangkan jika Anda ingin membeli softwarenya langsung silakan membeli secara online atau melalui toko-toko penjual software yang terdekat dengan lokasi Anda.

2. Adobe Ilustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CS6 merupakan versi terkini program ini, generasi keenam belas untuk produk Illustrator. Adobe Illustrator Kompatibilitas dengan Inkscape: format asli Inkscape adalah SVG , yang didukung oleh AI, tetapi dua implementasi tidak 100% kompatibel. Inkscape juga ekspor ke PS , EPS dan PDF, format yang dapat mengenali Illustrator

Untuk bisa menggunakan software ini Anda bisa mengunjungi situs https://www.adobe.com/support/downloads/product.jsp?platform=Windows&product=27 silakan ikuti petunjuknya untuk mencoba gratis Adobe Ilustrator.

3. Adobe In Design adalah perangkat lunak desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku.

Desainer dan artis merupakan salah satu pengguna utama program ini. InDesign merupakan kompetitor langsung QuarkXPress. Banyak perusahaan percetakan di Indonesia yang menggunakan software ini untuk membuat buku atau majalah. Juga digunakan untuk perusahaan percetakan koran.

4. CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.

Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.

5. Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.

Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.

Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.

Versi terbarunya, FreeHand 11, dipasarkan sebagai FreeHand MXa, yang menunjukkan integrasinya dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Secara singkat penjelasan tentang software-software yang bisa digunakan untuk mendesign cover sudah kami jelaskan, jika teman-teman mempunyai informasi tambahan yang bisa melengkapi artikel diatas silakan berkomentar pada kolom komentar dibawah. Akan segera kami tambahkan jika informasi tersebut sangat bermanfaat dalam edisi revisi setelah melalui proses verifikasi.